E. Bisakah Kita Gunakan Sumber-sumber Non-Muslim & F. Kesimpulan

E.  Bisakah Kita Gunakan Sumber-sumber Non-Muslim?

Sementara ini para sejarawan Islam modern telah berjuang dengan tradisi Muslim, mereka harus memiliki catatan-catatan berbahasa Yunani Armenia, Ibrani, Aram, Syria dan literatur Koptik dari tetangga non-Muslim, beberapa di antaranya di bawah para penakluk Arab (Crone 1980:15). Sebagian besar sumber-sumber ini diedit dan diterjemahkan pada akhir abad lalu (tahun 1800) dan awal abad ini. Namun, mereka dibiarkan berdebu di perpustakaan sejak saat itu. Pertanyaan yang harus kita tanyakan adalah, Mengapa ?

Jawaban yang diberikan umat Islam adalah bahwa sumber-sumber ini bertentangan, dan ini mungkin benar. Namun, mengingat distribusi geografis dan sosial yang luas dari mana mereka berasal, mereka hampir tidak menafaskan sentiment anti-Muslim dengan hasil yang seragam seperti itu (Crone 1980:16). Hal ini terjadi karena ada kesepakatan antara saksi independen dan kontemporer dunia non-muslim yang mana kesaksian mereka harus dipertimbangkan. Dengan cara manapun kita menafsirkan catatan-catatan itu, tidak diragukan lagi bahwa Al Qur'an adalah produk dari sebuah wahyu berevolusi, lebih dari tanggal kanonisasi selama periode Abbasiyah awal menuju pertengahan hingga akhir abad kedelapan, di sekitar wilyah Irak dan Iran saat ini (lihat Crone 1980:3-17).


F.  Kesimpulan

Jadi, apa yang dapat kita katakan tentang Al Qur'an? Apakah Qur'an ini wahyu illahi? Muslim berpendapat bahwa kita hanya bisa memahami asal-usul Al Qur'an melalui teropong Tradisi Islam, yang mengatakan bahwa Allah mengungkapkan kebenaran-Nya melalui Al Qur'an yang diturunkan kepada Muhammad. Kita, bagaimanapun, menyangka otentisitas klaim ini sebagai sumber-sumber primer hasil tradisi yang terkemudian sama sekali tidak ada sebelum abad kedelapan. Bahkan sumber-sumber muslim yang kita miliki berasal dari tanggal yang relatif terkemudian, disusun antara 200-300 tahun setelah kejadian, dan tergantung pada tradisi lisan yang diwariskan oleh pendongeng yang tidak hanya narasinya tidak dapat dibenarkan, namun juga tiba-tiba muncul dan berkembang biak terhadap akhir abad kedelapan.

Wansbrough berpendapat bahwa Al Qur'an disusun bahkan lebih terkemudian dari cerita-cerita tradisi, dan digunakan sebagai stempel otoritatif untuk mengotentikasi keyakinan kemudian dan hukum yang dibuat kemudia oleh mereka yang bertanggung jawab dalam kanonisai tradisi Islam. Jika ini benar, maka orang akan bertanya-tanya apakah Muhammad bahkan akan mengakui Al Qur'an yang kita miliki saat ini ?
Meskipun demikian, Al Qur’an sendiri telah disarankan sebagai sumber bagi Islam, dan memiliki kewenangan yang terbaik. Namun terlalu lemah didera banyak masalah seperti yang dituliskan di atas. Ketika kita membuka Al Qur'an dan membacanya kita diperhadapkan langsung dengan banyak kesulitan sastra dan tata bahasa yang menunjukkan kelemahan tersendiri bagi sebuah dokumen yang diaku-aku sebagai firman yang terakhir dan sempurna dari Allah. Kita disajikan dengan kisah-kisah biblikal palsu yang paralel dikenal di abad kedua sebagai dokumen Talmud dan Kristen yang kebenarannya diragukan.

Dan sementara kita bertanya-tanya bagaimana dokumen yang sangat manusiawi ini, penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, dijadikan sebagai Kitab Suci non-manusia yang diakui sempurna, kita diperkenalkan kepada kejanggalan ilmiah yang juga ditemukan dalam halaman-halamannya. Kesulitan-kesulitan ini memang memperlihatkan jauhnya kemungkinan dari kepengarangan ilahi dan menunjuk pada penjelasan yang lebih masuk akal, bahwa Al-Qur'an hanyalah kumpulan sumber – sumber berbeda yang dipinjam dari potongan-potongan sastra, cerita rakyat, dan tradisi lisan yang hadir selama abad ketujuh dan kedelapan, dan sengaja dicangkokkan oleh para pengumpul yang diduga berasal dari periode Abbasiyah.

Sumber-sumber non-muslim yang kita miliki dari berbagai komunitas yang mengitari dunia islam juga menguatkan bukti atas. Banyak dari apa yang kita temukan dalam sumber-sumber eksternal abad ketujuh dan kedelapan bertentangan dengan apa yang dikatakan dalam tradisi muslim dan Al Qur'an. Dan hal ini menyebabkan kita mencurigai otentisitasnya yang dianggap dibentuk di kemudian hari.

Pada akhirnya apa yang tersisa dan disodorkan pada kita semakin sedikit. Sumber-sumber muslim patut dipertanyakan. Sedangkan sumber-sumber non-muslim meneguhkan fakta betapa kurangnya bukti nyata keakuratan Al-Qur'an. Memang ada banyak bahan yang melemahkan klaim muslim selama ini yang para apologis muslim harus pikirkan. Namun saya memiliki sedikit pelipur lara bahwa di waktu-waktu kemudian ketika saya melihat seorang Muslim memegang Al Qur'an tinggi-tinggi dan mengklaimnya sebagai cetak biru Allah bagi umat manusia, saya hanya ingin bertanya padanya satu saja pertanyaan sederhana, seperti yang para sejarawan tanyakan selama ini, "Apa bukti-bukti yang bisa menguatkan klaim kalian ?"

G. Rujukan

- Abd al-Razzaq b. Hammam al-San'ani, al-Musannaf, (ed. H.R.al-A'zami), II vols., Beirut, 1970-1972
- Abu Dawud Sulayman b. al-Ash'ath al-Sijistani, Sahih sunan al-mustafa, Cairo, 1348
- Abu Nu'aym Ahmad b. Abdallah al-Isbahani, Dala'il al-nubuwwa, Hyderabad, 1950
- Ahmad b. Muhammad ibn Hanbal, al-Musnad, vol. v, Cairo, 1313
- A.K.C. (ed.), The New Encyclopaedia Britannica, 15th ed., Vol.22, Chicago, 1993
- al-Baladhuri, Ahmad b. Yahua, Kitab futuh al-buldan, ed. M.J.de Goeje, Leyden, 1866
- Bonwetsch, N. (ed.), "Doctrina Iacobi nuper baptizati," in Abhandlungen der Koniglichen Gesellschaft der - Wissenschaften zu Gottingen, Philologisch-historische Klasse, N.s., vol. xii, Berlin, 1910
- Brock, S.P., "Syriac Views of Emergent Islam," Studies on the First Century of Islamic Society, edited by - G.H.A. Juynboll, Carbondale, So.Ill.Univ.Press, 1982
- Bulliet, R.W., The Camel and the Wheel, Cambridge, Mass., 1975
- Calder, Norman, Studies in Early Muslim Jurisprudence, 1993
- Campbell, W.F., The Quran and the Bible in the light of History and Science, Middle East Resources, (French edition: France, Farel Editions), 1989 (ISBN:1-881085- 00-7 & 2-86314-077-9)
- Carlier, P., 'Qastal al-Balqa: An Umayyad Site in Jordan' in M. A. Bahit and R. Schick (eds.), The Fourth International Conference on the History of Bilad al-Sam during the Umayyad Period, volume ii, Amman, 1989
- Chabot, J.B. (ed. & tr.), Chronique de Michel le Syrien, Paris 1899-1910, vol.iv, p.405 & vol.ii, pp.403ff
- Cook, Michael, Muhammad, Oxford, Oxford University Press, 1983
- Creswell, K.A.C., Early Muslim Architecture, vol.i, part one, Oxford, 1969
- id. A Short Account of Early Muslim Architecture, (Revised by James W. Allan), Aldershot, Scolar Press, 1989
- Crone, Patricia & Cook, Michael, Hagarism, Cambridge, Cambridge University Press, 1977
- Crone, Patricia, Slaves on Horses, Cambridge, Cambridge University Press, 1980
- id, "The First Century Concept of Higra", Arabica, tome XLI, E. J. Brill, Leiden, 1994.
- id, Meccan Trade and the Rise of Islam, Princeton University Press, 1987
- Dashti, Ali, 23 Years, A Study of the Prophetic Career of Mohammad, London, George Allen & Unwin, 1985
- De Goeje, M. & P.de Jong (eds.), Fragmenta Historicorum Arabicorum, vol.i, Leyden, 1869
- Duncan, Alistair, Noble Sanctuary, London, Longman Group, 1972
- Duval R. (tr.), Iso'yahb III,' Liber Epistularum, CSCO, Scriptores Syri, second series, vol.lxiv, Paris, 1904
- Fehervari, G., Development of the Mihrab down to the XIVth Century, London Ph.D. 1961
- Feinburg, C.L., The New Bible Dictionary (2nd ed.), Leicester, Inter-Varsity Press, 1993
- Finster, B., 'Zu der Neuauflage von K. A. C. Creswell's Early Muslim Architecture', Kunst des Orients, IX, 1973-4.
- Gilchrist, John, Jam' Al Quran, Jesus to the Muslims, 1989
- Glasse, Cyril, The Concise Encyclopaedia of Islam, London, Stacey International, 1991
- Glubb, John, The Life and Times of Muhammad, New York, Stein and Day, 1971
- Gottingen, F. Wustenfeld (ed.), Muhammad Ishaq,' Sirah sayyidina Muhammad rasuli 'llah, 1859
- Grohmann, A., Greek Papyri of the Early Islamic Period in the collection of Archduke Rainer,' Etudes de papyrologie, 1957
- id, The Problem of dating early Qur'ans,' Der Islam, 1958
- id, Arabic Papyri from Hirbet el-Mird, Louvain, 1963
- Groom, N., Frankincense and Myrrh, a Study of the Arabian Incense Trade, London, 1981
- Guidi, I. et al. (ed. & tr.), Chronica Minora, CSCO, Scriptores Syri, third series, vol.iv, Louvain, 1803-1907
- Guillaume, A. (tr.), The Life of Muhammad, London, 1955
- Humphreys, R.S., Islamic History, a framework for Enquiry, Princeton, 1991
- Ibn Hisham, Abd al-Malik, Das Leben Muhammed's nach Muhammed Ibn Ishak, (ed. By F.Wustenfeld),2 vols., Gottingen, 1858-1860
- Ibn Sa'd, Muhammad, Al-Tabaqat al-kubra, 8vols., Beirut, 1957-1960
- Jeffrey, A. (tr.), 'Ghevond's (Levond's) text of the Correspondence between 'Umar II and Leo III', The  Harvard Theological Review, 1944
- Kennedy, Hugh, The Prophet and the Age of the Caliphates, 6th-11th centuries, London, Longman, 1986
- Kister, M.J., Mecca and Tamim, Journal of theEconomic and Social History of the Orient, 8 (1965), 117-163
- Kitchen, K.A., "Canaan," The New Bible Dictionary (2nd Ed.), Leicester, Inter-Varsity Press, 1993
- Levi Della Vida, G., "Sira," Encyclopedia of Islam, 1st ed., Vol.4, Leyden, E.J. Brill, 1934
- Lings, M., & Safadi, Y.H., The Qur'an, (A catalogue of an exhibition of Qur'an manuscripts at theBritish Library, 3 April-15 August 1976), British Library, World of Islam Publ. Co., 1976
- Macdonald, J. (ed. & tr.), Memar Marqah, Berlin, 1963
- al-Maqrizi, Ahmad b. 'Ali, Kitab al-mawa'iz wa'l-i'tibar, Cairo, 1326
- McClintock, John, & Strong, James, Cyclopedia of Biblical, Theological, and Ecclesiastical Literature, Grand Rapids, Baker, 1981
- McDowell, Josh, Evidence That Demands a Verditct, Vols.I & II, Amersham-on-the-Hill, Scripture Press, 1990
- id, Christianity, A Ready Defense, Amersham-on-the-Hill, Scripture Press, 1991
- Mommsen, T. (ed.), Chronica Minora, vol.ii, Berlin, 1894
- Morey, Robert, Islamic Invasion, Eugene, Oregon, Harvest House Publishers, 1992
- Muhammad b. Ahmad al-Dhahabi, Tarikh al-islam, vol.ii, Cairo, 1367-9
- Muir, William, The Apology of al-Kindi, written at the Court of al-Mamun (830 A.D.) in Defence of Christianity against Islam, London, Smith, elder & Co., 1882
- Muller,W.W., "Weibrauch...," off-print: Pauly-Wissowa, Realencyclopadie, Supplement and 15, Munich, 1978
- Munajjid, S. (ed.), 'Ali b. Hasan ibn 'Asakir, Ta'rikh madinat Dimashq, vol. i, Damascus, 1951
- Nau, F., 'Un colloque du Patriarche Jean avec l'emir des Agareens,' Journal asiatique, 1915
- Neuman and Eckelmann, Genesis One and the Origin of the Earth, Downers Grove, Ill., Intervarsity Press, 1977
- Nevo, Yehuda D., "Towards a Prehistory of Islam," Jerusalem Studies in Arabic and Islam, vol.17, Hebrew University of Jerusalem, 1994
- Noldeke, T., 'Die von Guidi herausgegebene syrische Chronik,' Sitzungsberichte der philologisch-historischen Classe der Kaiserlichen Akademie der Wissenschaften, vol. cxxviii,Vienna, 1893
- Patkanean K.R. (ed.), Patmout'iun Sebeosi Episkoposi i Herakln, St. Petersburg, 1879
- Pearson, J.D., "Al-Kur'an," Encyclopedia of Islam, Vol.V, Leiden, E.J.Brill, 1986
- Pfander, C.G., The Mizanu'l Haqq ( Balance of Truth'), London, The Religious Tract Society, 1835
- Rahman, Fazlur, Islam (2nd ed.), Chicago, Univ. of Chicago, 1979
- Reinach, Salomon, Orpheus: A History of Religion, New York, Liveright, Inc. 1932
- Rippin, Andrew, "Literary Analysis of Qur'an, Tafsir, and Sira, the Methodologies of John Wansbrough", - - Approaches to Islam in Religious Studies, Richard C. Martin (ed.), Tucson, University of Arizona Press, 1985
- id, Muslims, Their Religious Beliefs and Practices, vol. 1, London, Routledge, 1990
- Schacht, Joseph, "A Revaluation of Islamic Traditions," Journal of the Royal Asiatic Society of Great Britain, Hertford, Stephen Austin, 1949
Scher, A. (ed. & tr.), Histoire Nestorienne, part two, in Patrologia Orientalis, vol.xiii, 1906
- Schimmel, Annemarie, Calligraphy and Islamic Culture, New York, New York University Press, 1984
- Sebeos, Bishop, Histoire d'Heraclius, tr. F. Macler, Paris, 1904
- Shorrosh, Anis A., Islam Revealed, A Christian Arab's View of Islam, Nashville, Thomas Nelson Publishers, 1988
- Sprenger, A., Das Leben und die Lehre des Mohammad, 2nd ed., Vol. 3, Berlin, 1869
- Thompson, Thomas L., The Historicity of the Patriarchal Narratives: the Quest for the Historical
Abraham, Berlin, Walter de Gruyter, 1974
- Tisdall, St. Clair, The Sources of Islam, New Delhi, Amarko Book Agency, 1904
- Van Berchem, M., Materiaux pour un Corpus Inscriptionum Arabicarum, part two, vol.ii, Cairo, 1927 
- Vanderkam, James C., The Dead Sea Scroll Today, Grand Rapids, Michigan, William B. Eerdmans Publishing Company, 1994.
- Van Ess, J., Fruhe Mu'tazilitische Haresiographie, Beirut, 1971
- Vilmar, E. (ed.), Abulfathi Annales Samaritani, Gotha, 1865
- Wansbrough, J., Quranic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation, Oxford, Oxford University Press, 1977
- id, The Sectarian Milieu: Content and Composition of Islamic Salvation History, Oxford, Oxford University Press, 1978
- Welch, Alford T., "Muhammad," The Encyclopedia of Islam, vol.VI, E.J.Brill, pp. 360-387, 1991
- Wright, W., Catalogue of Syriac Manuscripts in the British Museum, London, 1870

Para Kalifah Sampai Marwanid:

632-661 .......... Abu Bakr, Umar 1, Uthman, Ali

(Periode Sufyanid)
661-680 .......... Mu'awiyah I
680-683 .......... Yazid I
683-684 .......... Mu'awiyah II

(Periode Marwanid)
684-685 .......... Marwan I
685-705 .......... 'Abd al-Malik
705-715 .......... al-Walid
715-717 .......... Suleyman
717-720 .......... Umar II
720-743 .......... Hisham
744-750 .......... Marwan II

(Periode Abbasid)